Wednesday, September 6, 2017

Pasang Riot Matrix Chat Client di Debian dan Ubuntu

Pengenalan

Matrix adalah protokol obrolan yang sedang naik daun yang memberikan alternatif nyata untuk solusi masalah hak milik seperti Slack. Tidak seperti Slack, Matrix gratis, open source, dan benar-benar terdesentralisasi. Dengan Matrix, kamu memiliki obrolanmu sendiri.

Karena Matrix hanyalah sebuah protokol, ada berbagai implementasi klien yang ada. Yang paling banyak digunakan dan dipoles dengan baik adalah Riot.

Riot bisa digunakan sebagai aplikasi web, tapi jauh lebih mudah menggunakan aplikasi chat dari desktop. Menyadari hal itu, para pengembang Riot menyediakan repositori paket Debian untuk memudahkan untuk mengunduh dan perawatan di desktop Linux Debian.

Menambahkan Repositori

Seperti repositori Debian lainnya, kamu perlu menambahkannya ke file /etc/apt/sources.list. Buka dengan teks editor favoritmu, dan tambahkan baris di bawah ini.

deb https://riot.im/packages/debian/ stretch main

Contoh diatas untuk Debian Stretch. Ganti tulisan "stretch" dengan nama distribusi kamu gunakan. Sebagai contoh, jika kamu menggunakan Ubuntu 17.04, tulis dengan kata "zesty".

Seperti repositori Debian lainnya, kamu perlu menambahkan GPG Key yang terkait ke Apt. Kamu bisa mendapatkannya langsung dengan perintah wget.

$ cd Downloads
$ wget https://riot.im/packages/debian/repo-key.asc

Lalu, impor ke Apt.

$ sudo apt-key add repo-key.asc

Perbarui dan Pasang Riot

Dengan Key dan repositori di tempat, kamu bisa mengperbarui Apt dan memasang Riot.

$ sudo apt update
$ sudo apt install riot-web

Menggunakan Riot

home menu

Saat membuka Riot untuk pertama kalinya, kamu akan disambut dengan layar yang berisi daftar beberapa kamar dasar yang tersedia di server utama Matrix untuk bergabung. Ada menu di samping dengan pilihan navigasi tambahan.

rooms chat

Saat kamu keluar menu, di bagian atas ada beberapa tombol masuk. Di bagian bawah terdapat tombol yang memungkinkan untuk menavigasi ke berbagai ruangan. Agar bisa berinteraksi dengan ruangan, kamu perlu mendaftarkan akun.

register menu

Ada berbagai akun untuk server yang berbeda. Secara default, ketika kamu klik pada tombol registrasi, itu akan mengaturmu ke server default. Jika kamu ingin bergabung dengan server yang berbeda atau membuatnya sendiri, kamu bisa mengklik tombol radio di bagian bawah formulir untuk mengaturnya.

Setelah terdaftar, kamu dapat kembali ke direktori kamar dan bergabung dengan ruangan mana yang ingin dipilih. Antarmuka ini sangat mirip dengan klien obrolan sebelumnya yang akan kembali berpuluh-puluh tahun, jadi tidak ada yang terlalu sulit untuk belajar.

Penutup

Riot adalah cara terbaik untuk mulai menggunakan Matrix, dan Matrix adalah cara yang lebih baik untuk melepaskan diri dari sistem obrolan berpemilik seperti Slack. Sedangkan ekosistem Matrix masih sangat muda, itu terus berkembang, sehingga kamu bisa mengharapkan pengembangan berkelanjutan.

Jika kamu mencari sesuatu yang lebih pribadi, kamu selalu bisa mengatur server Matrixmu sendiri dan menggunakan Riot sebagai klien untuk itu. Klien saling dipertukarkan berkat Matrix menjadi seperangkat protokol terpadu.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon