Thursday, January 19, 2017

Debian Keluarkan Kandidat Rilis Pertama untuk Debian 9 "Stretch"

Pekerjaan pada sistem operasi Debian GNU/Linux 9 "Stretch" mendatang sedang berlangsung, dan Cyril Brulebois dari Debian Project hari ini mengumumkan ketersediaan rilis kandidat yang pertama dari Debian Installer untuk Stretch.

Banyak hal telah diimplementasikan sejak rilis pengembangan Alpha kedelapan dan terakhir dari Debian Stretch Installer, tapi perubahan yang paling penting yang diuraikan dalam pengumuman untuk membangun RC1 adalah kembalinya tombol untuk menggabungkan -usr sebagai pengaturan standar untuk debootstrap dan kecacatan dukungan Debian Pure Blends.

"Seperti yang tercantum dalam pengumuman Stretch Alpha rilis 6, Debian Pure Blends muncul di layar pemilihan Software. Sayangnya, kekhawatiran disuarakan saat itu tidak bekerja sampai pembekuan dimulai, dan pembekuan bukan waktu di mana layar kritis harus dirubah. Oleh karena itu dukungan dinonaktifkan," kata Cyril Brulebois.

Perubahan penting dalam rilis kandidat yang pertama dari Debian GNU/Linux 9 "Stretch" Installer termasuk dukungan pada HTTPS (Secure HTTP) dengan menggunakan ca-sertifikat baru dan GNU wget udebs, penggunaan fonts-dejavu-udeb sebagai font standar, penggunaan paket huruf fonts-noto-hinted-udeb untuk bahasa Sinhala, dan benjolan kernel Linux untuk versi 4.8.

softwaves

Tema super SoftWaves Juliette Belin telah diaktifkan secara default (dapat dilihat pada gambar di atas), dan berbagai komponen inti yang dibutuhkan oleh Debian Installer selama instalasi sistem operasi menerima perbaikan bug dan perbaikan kecil yang akan menawarkan pengalaman pengguna yang lebih baik.

Di samping itu, masih ada lagi kabar baik pada dukungan hardware, yang diperbarui dengan dukungan untuk support for USB armory, CubieBoard4, Netgear ReadyNAS 104, dan papan Marvell ESPRESSOBin. Selain itu, penanganan DTB ditingkatkan, dan sepertinya dukungan untuk DTBs yang berisi patch sepenuhnya telah dipulihkan.

Manajer partisi sekarang mendukung direct-access storage device (DASD), dan dukungan scratchbox2 telah dihapus dari debootstrap. Terakhir tapi bukan yang akhir, u-boot images dinonaktifkan untuk OpenRD dan perhitungan ukuran sistem berkas FAT sekarang semestinya bekerja dengan benar. Anda sekarang dapat mengunduh dan menguji Debian Stretch Installer RC1 build.

Dalam berita terkait, Debian Project mengumumkan minggu ini rilis sistem operasi Debian GNU/Linux 8.7 "Jessie", yang bukan merupakan versi baru dari Debian GNU/Linux 8, tapi koleksi lebih dari 170 perbaikan bug dan patch keamanan yang meningkatkan kinerja keseluruhan dari OS. Debian GNU/Linux 8.7 "Jessie" Live dan Instalasi ISO images juga tersedia untuk diunduh.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon